Minggu, 18 Desember 2011

Alat Inovasi Korban Bencana Alam Tsunami



Pada saat ini di Indonesia banyak terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tsunami dan lain–lain. Bencana alam terjadi dengan frekuensi yang tidak menentu, sehingga banyak orang yang tidak mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan timbulnya bencana. Sehingga banyak beragam alat atau sistem peringatan bencana atau sistem peringatan dini yang dikembangkan untuk mengantisipasi resiko dari bencana. Salah satunya ialah sistem peringatan dini yang diterapkan pada dam. Sistem ini akan memberikan alarm suara bila terjadi banjir di hulu sungai, sehingga para penambang pasir atau penduduk yang bermukim didataran rendah dapat mengantisipasi resiko dari adanya banjir.
Sistem ini dirasakan cukup efektif tetapi jangkauannya kurang luas. Dimana alarmya hanya terdengar kurang lebih sejauh satu kilometer, oleh karena itu solusi sistem peringatan dini pada bencana banjir berbasis SMS Gateway dengan Erulduino salah satu alat yang merupakan inovasi yang dapat menjadi alternatif dalam mengatasi masalah ini. Apalagi solusi ini mudah diterapkan dan murah.
namun pada aplikasinya nanti secara simulasi alat yang dewata elektronik buat ini masih sebatas sebagai peringatan sederhana dengan sms. dimana peringatan melalui sms ini akan dikirim ke nomor GSM target ketika pin reset pada board erulduino di tekan selama 1 detik.





  • Komponen yang diperlukan
  1. Modem Wavecom
  2. Erulduino Board 
Source : www.dewataelektronik.com

Alat Detektor
Korban yang hilang bila membawa handphone bisa menekan tombol-tombol kode yang sudah ditentukan dalam keadaan darurat sehingga bisa dilacak tim penyelamat.Selain itu kami juga menggunakan satelit high speed access untuk memantau keadaan lokasi bencana, selanjutnya satelit juga akan berkoordinasi dengan provider sim card untuk pencarian korban gempa melalui foto dari udara dan pencarian sinyal darurat para korban yang hilang,dan kemungkinan membawa handphone,sehingga sinyal mereka bisa terlacak.Kami juga berusaha membangun tower sinyal yang  berlokasi di tempat yang cukup aman dan terhindar dari bencana, selain itu ada juga inovasi lainnya yaitu memasang alat detector tsunami yang akan kita tempatkan di laut,sehingga apabila ada tanda-tanda tsunami,gejalanya dapat dideteksi lebih awal sehingga evakuasi penduduk dapar berlangsung lebih dini,dan korban yang jatuh dapat tereduksi.
Fungsi
mengirimkan sinyal darurat kepada satelit di luar angkasa yang selanjutnya tersambung ke pihak pemerintah untuk pertolongan pertama.
Kelebihan
Kelebihan dari inovasi yang coba kami kembangkan adalah alat komunikasi yang tetap dapat berfungsi dalam keadaan darurat sekalipun,sehingga para korban hilang bisa ditemukan lebih cepat.
Kelemahan
Kelemahan dari inovasi kami adalah korban harus membawa handphone. Jika handphone tertinggal dalam keadaan mati atau hilang maka satelit tidak dapat membaca sinyal yang dipancarkan dari sim card tersebut.
           
Teknis penggunaan
Cara kerja alat ini kira-kira adalah bila terdapat tanda-tanda akan datang tsunami,maka alat ini akan mengirim sinyal ke pemerintah daerah dan alarm penanda tsunami yang dipasang di daerah setempat,sehingga warga yang berlokasi di sekitar daerah yang berpotensi terkena tsunami bisa mengungsi sehingga bisa mengurangi jumlah korban jiwa.


“Jourdan.Y.W (51410140) Angga.P (51410139) Jonif.L.P (51410137) Herdi.I (51410135) Febrianto.S.W (51410128)”

5 komentar:

  1. Kira - Kira waktu bencana itu alat - alat ini ada dan membantu ga ya? Kurangnya sarana komunikasi di sana kerasa banget ga? Thanks ^^

    Kelompok : Kezia, Niki, Agatha, Agung, Lisa

    BalasHapus
  2. Name : “Kelompok Disaster Management" Putri Gita Christy - 51410072 – PTK A
    Website : earthquakedisastermanagementukpetra.blogspot.com
    Email : gitamantong@gmail.com
    Comment : kalau pada saat gempa kita membawa hp untuk menekan tombol - tombol kode saat gempa terjadi akan tetapi pada saat itu juga sinyal semua provider mati akan tetapi hp masih dalam keadaan nyala, apa yang harus dilakukan ?

    BalasHapus
  3. Name : “Kelompok disaster management” Cynthia Santoso - 51410073 – PTK A
    Website : earthquakedisastermanagementukpetra.blogspot.com
    Email : febecynthiasantoso@yahoo.com
    Comment : anda mengatakan kalau kelemahan inovasi kalian adalah korban harus membawa handphone, kalau masyarakat pedasaan yang tidak memiliki handphone bagaimana? ini anda tujukan untuk bencana tsunami yang notabene berkaitan dengan air, sedangkan handphone adalah benda elektronik yang sebagian besar software nya tidak bisa terkena air. jadi, kalau tsunami datang, kemungkinan besar hp tersebut tidak akan berfungsi karena terkena gelombang tsunami?

    BalasHapus
  4. Nama :“Kelompok Grogol-Disaster Man.”Vanessa–PTK.A.
    Website : http://grogolsaranatransjaya.blogspot.com
    Email : grogolsaranatransjaya@gmail.com
    Comment :
    Blog kalian cukup unik, ada hiburan yang kalian buat d bagian bawah blog. ;)
    apakah kelompok kalian hanya menggunakan perkembangan teknologi komunikasi handphone? apakah kelompok kalian tidak mencoba membuat strategi lain, untuk mengantisipasi handphone yang tidak dapat digunakan secara tiba-tiba? (seandainya handphone terjatuh ke dalam air)
    bila menurut kalian masih ada teknologi komunikasi lain yang dapat digunakan selain handphone, kira-kira teknologi komunikasi apakah itu? thank you.. :)

    BalasHapus